• Remaja terkena stroke. -ABCNews-

Waspada! Remaja 11 Tahun di Australia Terserang Stroke

Waspada! Remaja 11 Tahun di Australia Terserang Stroke

Mon, 09/07/2020 - 17:35
Posted in:
0 comments

Kaylah berusia 11 tahun mengalami stroke saat sedang bermain trampolin di halaman rumahnya. Dua tahun kemudian, dia masih kesulitan menggerakkan tangan kanannya.

Serangan stroke bisa dialami anak-anak dan remaja meski jarang terjadi. Di Australia, sekitar 600 anak-anak mengalaminya setiap tahun. Secara umum, sebanyak 56 ribu orang mengalami serangan stroke setiap tahun di Australia.

Kaylah mengatakan tidak begitu ingat bagaimana kejadian serangan stroke yang dialaminya, ia hanya ingat sedang berlompat-lompat di trampolin, kemudian terbangun di rumah sakit.

Tapi kejadian ini tidak akan pernah dilupakan ibu Kaylah, Megan Smith. "Saya merasakan mual, ambulans tidak bisa datang dengan cepat," kata Megan yang tinggal di Queensland, Australia.

"Kita tak mengira anak-anak akan kena stroke. Kita pikir hanya kakek-kakek dan nenek yang kena," katanya.

"Kita tak pernah berpikir anak 11 tahun yang bugar dan sehat akan mengalami stroke," ujar Megan.

Empat hari sebelum stroke, Kaylah terbentur kepalanya saat sedang berlibur di Movie World, Queensland. Dia tak peduli dengan benjolan di kepalanya dan tidak memberi tahu siapa-siapa.

Setelah Kaylah pulih dari stroke barulah keluarganya mengetahui dia mengalami benjolan di kepala.

Dokter menduga benjolan itu menyebabkan arteri utama di leher Kaylah terputus, sehingga menyebabkan stroke.

Serangan stroke yang dialami Kaylah melumpuhkan satu sisi tubuhnya. Dia harus belajar lagi untuk makan, berjalan dan berbicara.

Serangan ini merusak hampir seperempat bagian otak Kaylah dan kondisinya tidak kunjung membaik setelah dua tahun sejak kejadian, tapi tidak juga tidak memburuk.

Penelitian dari Stroke Foundation di Australia menyebutkan stroke merupakan satu dari 10 penyebab kematian tertinggi pada anak-anak.

Sekitar 50-85 persen penderita stroke mengalami masalah jangka panjang termasuk kejang-kejang, cacat fisik, kesulitan berbicara atau belajar.

Yayasan itu memperingatkan perlunya mengenali tanda-tanda peringatan dini serangan stroke, yang pekan ini diperingati di Australia sebagai Pekan Kesadaran Tentang Stroke.

Stroke

Gejala -gejala stroke:

F — Face (Wajah): Cek wajahnya - apakah mulutnya bengkok?

A — Arms (Lengan): Bisakah dia mengangkat kedua tangannya?

S — Speech (Bicara): Apakah bicaranya jadi cadel? Apakah dia mengerti ucapan kita?

T — Time (Waktu): Sangat kritis. Begitu melihat gejala-gejala di atas, langsung hubungi bawa ke rumah sakit.

(ABC.net.au/Sumber: Stroke Foundation Australia)